adalah tempat untuk memasang iklan produk Anda secara gratis! Jangkau pembeli produks Anda secara luas lewat Iklan Sumatera dan dapatkan jangkauan lebih luas dibanding iklan baris konvensional
Beranda » » Segera lahir banyak kawasan industri di Lampung

Segera lahir banyak kawasan industri di Lampung

Ditulis pada: 4 September 2018 | Kategori:

Bandar Lampung. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memastikan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan memberikan banyak manfaat. Pertumbuhan ekonomi akan semakin kencang, karena Pemprov sudah menyiapkan beragam rencana strategis pengembangan kawasan industri di sekitar jalan tol.

Asisten Bidang Ekbang Provinsi Lampung Adeham, Pemprov Lampung akan mengembangkan kawasan industri dengan memanfaatkan akses JTTS. Sejauh ini industri di Lampung tersebar di berbagai wilayah. Nah, agar pengembangan industri berjalan lebih kencang, Pemprov akan membentuk kawasan industri terpadu.

Jika dirunut, dari sekitar JTTS 0 KM atau dekat Pelabuhan Bakauheni akan dikembangkan Kawasan Industri Way Pisang. Kawasan industri ini berada di Kabupaten Lampung Selatan. Mereka akan menggunakan lahan seluas 3.000 hektar.

Kini, Pemprov Lampung sedang membuat masterplan dan detail kawasan. Rencananya, Kawasan Industri Way Pisang ini untuk mendukung pengembangan industri manufaktur dan industri berat lainnya.

“Kawasan industri ini sudah dilirik banyak investor, mereka pengusaha tekstil, lalu ada juga dok kapal,” terang Adeham tanpa merinci.

Bergeser ke atas sedikit, Pemprov Lampung akan mengembangkan Kawasan Wisata Terkelola Teluk Nipah. Ini akan menjadi kawasan industri pariwisata.

Pemprov Lampung akan bekerjasama dengan perusahaan pariwisata pelat merah, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk Pembangunan Kawasan Wisata Terkelola Teluk Nipah seluas 300 hektar.

Naik lagi agak jauh, akan dikembangkan Lampung Industrial Technopark. Ini merupakan kawasan industri berbasis pertanian di Sulusuban, Kabupaten Lampung Tengah, dengan luas sekitar 1.000 ha.

Kini, lahan di Sulusuban itu dalam pengelolaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Di lahan itu, Pemprov Lampung ingin mengembangkan sentra produksi dan pengolahan pangan.

Bergeser ke atas lagi, di Kabupaten Mesuji akan dikembangkan kawasan industri yang terintegrasi dengan pembangkit listrik batubara dan pelabuhan.

“Semua (kawasan industri) ini akan dekat dengan jalan tol, makanya kami juga sangat serius membantu proyek JTTS agar berjalan lancar demi pengembangan kawasan industri,” terang Adeham.
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investor lokal maupun asing memang semakin mengincar Lampung sebagai tujuan ekspansi usaha. Soalnya, keberadaan infrastruktur seperti jalan tol, akan berdampak positif bagi perkembangan bisnis.

Terbukti, komitmen investasi di Lampung meningkat beberapa waktu ini. Pada kuartal I-2016, penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Provinsi Lampung mencapai Rp 445,28 miliar,  ini meningkat pesat dibandingkan kuartal I-2015 yang hanya Rp 132,9 miliar.

Namun untuk penanaman modal asing (PMA) terjadi penurunan dari US$ 114,4 juta di kuartal I-2015 menjadi US$ 13,73 juta di kuartal I-2016.

“Infrastruktur adalah kunci utama bagi investor, makanya tak hanya di Lampung, di Sumatera lain juga jadi incaran investor karena adanya proyek jalan tol,” ujar Ariesta Riendrias Puspasari, Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan, Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha Pimpinan BKPM.

Segera lahir banyak kawasan industri di Lampung | IKLAN SUMATERA

Tags: Kawasan Industri

Belum ada Komentar untuk Segera lahir banyak kawasan industri di Lampung

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

r Artikel Blog Terbaru
Musi Triboatton

Wisata Olahraga Musi Triboatton 2016 diramaikan 16 Tim Dayung

P 1 November 2018 ,

  Kegiatan olahraga wisata International Musi Triboatton 2016 yang akan berlangsung di Sumatera Selatan pada 11-15 Mei 2016 akan diramaikan oleh sebanyak 16 tim dayung yang sudah siap untuk bertanding. Kegiatan ini adalah untuk mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful... Selengkapnya)

Sejarah Geologi Sesar Sumatera

Sejarah Geologi Sesar Sumatera

P 30 October 2018 ,

Sesar Sumatra atau sering juga disebut sesar Semangko adalah jalur patahan yang memanjang mulai dari Aceh di utara hingga ke daerah Lampung. Sesar Sumatra adalah bagian dari Tatanan Tektonik Indonesia. Sebelum kita mengenal lebih jauh, sebelumnya kita kenal dulu tatanan... Selengkapnya)

Danau Di Pulau Sumatera

Nama-Nama Danau Di Pulau Sumatera

P 28 October 2018 ,

Dapatkan Informasi Kawasan Wisata Danau Toba dan sekitarnya di TUTOBA.   At Listify our purpose is to help people find great local businesses like attractions, hotel, feature and restaurants. Go Explore! A Journey Wonderful Lake Toba.   TUTOBA atau Direktori... Selengkapnya)

Kopi Sumatra

Kopi Sumatra di Balik Filosofi Kopi

P 27 October 2018 ,

Kopi Sumatra merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Pulau Sumatra yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat di antara beragam kopi di dunia. Untuk menyuguhkan secangkir kopi salah satu penentu adalah kopi yang digunakan untuk membuat minuman kopi menjadi filosofi kopi... Selengkapnya)

Orangutan Sumatra

Orangutan Sumatra

P 25 October 2018 ,

Orangutan Sumatra Orangutan Sumatera atau Pongo abelii adalah jenis orangutan yang hidup di hutan Sumatra maka termasuk hewan endemik dari Pulau Sumatra, namun sekarang hanya ditemukan di hutan-hutan Sumatra bagian tengah dan utara saja. Terdapat sekitar 13 daerah populasi orang... Selengkapnya)

Twitter@disumatera

Please fill all widget settings!